PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI POINT BAGI SISWA KELAS X

लेखक

  • Neni Triyana STKIPM Pagaralam

##semicolon##

https://doi.org/10.56335/jppn.v3i1.66

##semicolon##

Membaca Intensif Melalaui Teknik POINT

सार

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk: 1) Meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca intensif melalui teknik POINT. 2) Meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa melalui teknik POINT. Penelitian Tindakan Kelas mengenai aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, diperoleh hasil bahwa ketuntasan secara klasikal pada kondisi awal sebesar 59.25%, pada siklus I sebesar 88.88%, dan pada siklus II sebesar 92.59%. Sedangkan Penelitian Tindakan Kelas mengenai kemampuan membaca Intensif" siswa diperoleh hasil bahwa rerata kelas pada kondisi awal sebesar 57.40 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 59.25. Pada siklus I, rerata kelas sebesar 59.25 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar. Pada siklus II, rerata kelas sebesar 72.96 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 92.59. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan dari kondisi awal sampai pada akhir siklus II menunjukkan adanya peningkatan baik dari segi aktivitas maupun kemampuan membaca siswa. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa: 1) Teknik POINT dalam pembelajaran membaca intensif dapat meningkatkan aktivitas pada siswa kelas X Jurusan TKJ SMK Negeri 4 Rejang Lebong Tahun Pelajaran 2019/2020 Teknik POINT dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif pada siswa kelas X Jurusan TKJ SMK Negeri 4 Rejang Lebong 2019/2020. 

##submission.citations##

Bowman, James D dan S Ray Bawman 1991 (dalam sugiarto, http: www. Depdiknas.go.id/Jurna/37/perbedaan hasil belajar membaca.htm).

Daan Tulalessy, 2005. Kompetensi Membaca. Buletin Pusat Perbukuan, Volume II, Januari-Juni 2005. Jakarta; Pusat. Perbukuan.

Depdiknas 2005. Pengembangan Ketrampilan Membaca Cepat. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa dan Satra Indonesia. Jakarta Ditjen Dikdasmen.

DePorter,Bobby, Mark Reardon, dan Sarah Sienger-nauri. 2005. Quantum thecing. Bandung: Penerbit Kaifa PT. Mizan Pustaka.

DePorter,Bobby, dan Mike Hernicka. 2004. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa PT. Mizan Pustaka.

Hernowo. 2005. Quantum Reading (Cara Cepat nan Bermanfaat Untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca) Bandung; Penerbit Kaifa.

Pracoyo dan Mulyadi.2005. Membuka Jendela Dunia Melalui Membaca. Jakarta: PT.Balai pustaka.

-

प्रकाशित

2021-04-28

अंक

खंड

Articles