PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BINTANG SEGITIGA
DOI:
https://doi.org/10.56335/jppn.v4i2.135Schlagworte:
MEA (Means-Ends Analysis), Hasil Belajar, segitigaAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) menggunakan alat peraga bintang segitiga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Guppi Kota Pagar Alam Tahun Pelajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) menggunakan alat peraga bintang segitiga pada materi segitiga pada kelas VII MTs Guppi Kota Pagar Alam tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 1 sebagai kelas eksprimen berjumlah 33 orang dengan =71,84, sedangkan kelas VII 2 dengan =60,22. Berdasarkan hasil analisis data mengenai perbandingan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) didapat thitung = 3,37 > ttabel 1,61 sehingga hipotesis dalam penelitian ini ada pengaruh penggunaan model pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas segitiga dikelas VII MTS Guppi Kota Pagar Alam tahun pelajaran 2021/2022, dapat diterima kebenarannya.
Literaturhinweise
Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1143–1154.
Antik Himah Susanti (2020). Pengaruh Pembelajaran Means-End Analysisis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Instructional Development Research ISSN: 2715 1603 2020, Vol. 1 (2), 81-87.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Djadir, dkk. 2017. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Matematika Bab X Bangun Datar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Dwi Noviyanti. (2021). Efektivitas Strategi Pembelajaran Means Ends Analysisi (MEA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy. Edu Sains: Jurnal Pendidikan dan Sains Matematika 9 (1) 2021.
Harto, T.K, & Agung, G. A.A, & Wibawa, C.M. 2014. Pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analyis (MEA) dengan setting belajar kelompok berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kela IV di SD Desa Bebetin. MIMBAR PGSD, 2 (1). http://id.portalgaruda.org.diakses pada 7 Desember 2021.
H.R. Palupi. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Means Ends Analysisi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Segiempat. UNNES Journal of Mathematics Education 5 (2) (2016).
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nina Maudina. (2019). Penerapan Model Means-Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 6, No. 1 (2019).
Nggermanto Agus (2011). Quantum Quotient; Kecerdasan Quantum. Bandung: Nuansa Cendikia.
Rasyid Harun, Mansur. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.
Slavin, RE. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung:Tarsito.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati, Ai., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Pendidikan Matematika, 04 (01), 321–330.
Suyatno. (2019). Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.
