PROFIL BERFIKIR SISWA SMP N 1 LOURA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KPK DAN FPB
##semicolon##
https://doi.org/10.56335/jppn.v2i2.67##semicolon##
proses berpikir##common.commaListSeparator## kemampuan berpikir konseptual##common.commaListSeparator## semi konseptual dan komputasionalTóm tắt
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara utuh dan mendalam mengenai profil berpikir siswa SMP Negeri 1 Loura dalam menyelesaikan soal KPK dan FPB. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan materi KPK dan FPB secara tertulis dan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan subjek penelitian setelah subjek penelitian mengerjakan soal tersebut. Langkah-langkah penelitian ini meliputi pengumpulan data menyusun data, analisis data dan interpretasi data. Oleh karena itu, penelitian ini lebih difokuskan pada proses berpikir siswa untuk menyelesaikan soal KPK dan FPB. Penelitian studi kasus yang digunakan adalah studi kasus tipe eksploratoris yaitu penelitian yang dapat dipergunakan untuk mengungkapkan suatu kejadian atau peristiwa yang bersifat berkelanjutan (continue) antara peristiwa yang satu dengan peristiwa yang berikutnya. Sebelum siswa diberikan soal terlebih dahulu siswa dibagi menjadi 3 kategori berdasarkan Kemampuan berpikir konseptual, semi konseptual dan komputasional. Berdasarkan pengelompokan tersebut dari 19 siswa didapatkan siswa dengan kemampuan tinggi, siswa dengan kemampuan sedang, dan %)iswa dengan kemampuan rendah.
##submission.citations##
Amalia.Rizki. (2016). Kemampuan Berpikir Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2) 2.
Ate, Dekriati, 2018. Analisis Jawaban Siswa pada Operasi Hitung Campuran Melalui Penerapan Pendekatan Metakognitif-Diskursif. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika.1(2).
Indrawati,K. Ayu Dwi. Profil berpikir siswa smkn 4 mataram dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tahun ajaran 2017/2018. Skripsi. Hal.12
Indrawati,K. Ayu Dwi, Ahmad Muzaki & Baiq Rika Ayu Febrilia.2019.Profil Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear. Jurnal Didaktik Matematika ISSN 2355-4185(p), 2548-8546(e) DOI 10.24815/jdm.v6i1.12200
Endrawati, T, Sukayasa, dan Bakri, M. 2017. Profil Proses Berpikir Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling Dan Luas Persegi Panjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di SMP Negeri 15 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. Volume 5 Nomor 1. Hal 93-103.
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kafiar, E., Kho, R., & Triwiyono. (2015). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV ditinjau dari gaya kognitif field independent 1dan field Sdependent. Hal.41
Laisouw, R. Sujadi, I. dan Suyono. (2012). Profil Respons Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO Ditinjau dari Minat Belajar Matematika Surakarta.Dalam Jurnal Pembelajaran Matematika.Vol.1,No.1.http://jurnalfkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3477
Layyina, Ulya. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian pada Model 4K dengan Asesmen Proyek Bagi Siswa Kelas VII. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/. Hal.704 Diakses pada tanggal 23 oktober 2019
Lia, Septy Nirawati & Heri, Cahyono. (2019). Profil berpikir siswa smp dalam memecahkan bangun ruang limas berdasarkan teori bruner.Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 6 No 1
Maria,Ulfa & Pradnyo,Wijayanti. (2019). Profil berpikir kreatif siswa berkecerdasan linguistik dan siswa berkecerdasan logis-matematis smp dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal ilmiah pendidikan matematika volume 8 no.1
Milda,Retna. (2013). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika” Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarj, Vol. 1, No. 2, (September 2013), Hal.74.
Meleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.Hal.178 http//jurnal.fmpa.unila.ac.id/index.php/seminarata/article/view/697/491.
Nafi’an, M, I. (2012). Proses Berpikir Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Pecahan Di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Gamatika Vol. II No. 2. Hal 115-117
Polya, G. (1973). How To Solve It A New Aspect Mathematical Method. United States: Princeton University Press
Revosita. (2018). Mengenai implementasi pendekatan PMRI dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan KPK dan FPB untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematika kleas VII SMP Kanisius Sleman tahun ajaran 2017/2018.skripsi (online). Hal.26-43. Diakses tanggal 23 oktober 2019.
Sari, P, I, Salasi R, Budiman. (2016). Diagnosis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Materi Aljabar Di Kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika. Volume, 1 No. 1. Hal.2
Supriadi, D, Mardiayana, Sri S. 2015. Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Kecerdasar Emosional Siswa Kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 3, No. 2. Hal 204-214.
Tri Endrawati, Sukayasa, & Bakri Mallo. (2017). Profil proses berpikir siswa berkemampuan matematika Tinggi dalam menyelesaikan soal cerita keliling dan Luas persegi panjang ditinjau dari perbedaan Gender di smp negeri 15 palu”. Jurnal elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol.5 No.1.
Widyastuti, R. (2013). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Vol. 1, No. 3 [Online] Tersedia di http:// jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/ mat/article/download/363/274.
Zurismiati. (2016). Upaya meningkatkan pemahaman siswa pada Operasi penjumlahan dan pengurangan Bilangan bulat negatif melalui metode Demonstrasi dengan menggunakan alat peraga tahun ajaran 2012/2013.Adversity quotient.Jurnal pendidikan matematika Volume 10 No.1 Januari 2016. Hal.11. Diakses pada tanggal 9 Agustus 2019

##submission.downloads##
Đã xuất bản
##submission.versions##
- ##submission.versionIdentity##
- ##submission.versionIdentity##
- ##submission.versionIdentity##