PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Автор(и)

  • Rita Rahmawati Universitas PGRI Silampari
  • Anna Fauziah

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v6i2.139

Ключові слова:

Media pembelajaran interaktif, kontekstual, aritmatika sosial

Анотація

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis kontekstual yang dibuat menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi aritmatika sosial kelas VII yang valid dan praktis serta memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap yaitu: tahap analisis (Analysis), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Developing), dan evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran yang dikembangakan memiliki validitas bahasa sebesar 0,87 dengan kategori sangat valid, validitas media sebesar 0,77 dengan kategori valid, dan validitas materi sebesar 0,88 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respon guru sebesar 98,52% dengan kategori sangat praktis, respon siswa (one to one) sebesar 87,5% dengan kategori sangat praktis, dan respon siswa (small grup) sebesar 86,11% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan Efek potensial media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sebesar 79,3% dengan kategori baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada materi aritmatika sosial kelas VII yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan sangat valid dan praktis serta memiliki efek potensial yang baik sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi aritmatika sosial.

Посилання

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 80-88.

Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429-437.

Anshary, i., & Edidas. (2018). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Fault-Finding. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 6 (2), 1-5.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Dewi, A. S., & Kristanto, A. (2015). Pengembangan Media Computer Assisted Instruction Pada Materi Ekosistem dan Daur Biogeokimia Dalam Mata Belajaran Biologi. Jurnal Mahasiswa Teknologi, 3(2), 1-7.

Edi, F. R. S. (2016). teori wawancara Psikodignostik. Penerbit LeutikaPrio.

Ependi, A., Purwasi, L. A., & Adha, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berbasis Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 26-39.

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan ispring dan apk builder untuk pembelajaran matematika kelas x materi proyeksi vektor. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12-25.

Jayanti, M., & Wiratomo, Y. (2017). Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android. SAP (Susunan Artikel Pendidikan) , 2 (1).

Norsanty, U. O., & Chairany, Z. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika , 2(1), 12-21.

Nuritama, R. (2022). Pengembangan gesid akal (game edukasi berbasis android materi aritmetika sosial) berbantuan articulate storyline 3 untuk mendukung kemampuan pemahaman matematis siswa smp (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan kompetesnsi pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196.

Refianti, R., & Adha, I. (2021). Efek Potensial Pengembangan Sparkol Videoscribe terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 4(2), 154-159.

Sholichah, D. N. (2020). Pengembangan Media Popscrap Book Untuk Pembelajaran Menulis teks Eksposisi di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD, 8(8), 714-726

Suastini, N. N., & Suanthara, I. N. D. E. (2022). Peningkatan motivasi dan hasil belajar pendidikan agama hindu dan seni budaya melalui model pembelajaran kooperatif snow ball throwing pada siswa smk. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 12(1), 69-75.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, I., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pmri Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(1), 40-49.

Yulianti, Buchori, A., & Muertianto, Y. (2017). Pengembangan Media Presentasi Visual Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran SMP. Journal Of Mathematics Educaation, 2 (2), 231-242.

Marfuah, S., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran menggunakan powerpoint disertai visual basic for application materi jarak pada bangun ruang kelas X. Jurnal Gantang, 1(1), 45-53.

##submission.downloads##

Опубліковано

2023-11-30

Як цитувати

Rahmawati, R., & Anna Fauziah. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 6(2), 10-21. https://doi.org/10.56335/jppn.v6i2.139

Номер

Розділ

Articles

Статті цього автора (авторів), які найбільше читають