Implementasi IMPLEMENTSI PEMBELAJARAN TGT GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.56335/jppn.v7i1.229Nyckelord:
Teams games tournament, keterampilan kolaboratif, pembelajaran bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) guna meningkatkan keterampilan kolaboratif siswa di SMP pada pembelajaran Bahasa IndonesiaPenelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melibatkan siswa kelas 7 SMP Darul Fala sebagai subjeknya, dengan materi puisi rakyat menggunakan media Tangkap Gurita sebagai bagian dari tahapan turnamen dalam model TGT. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT secara signifikan meningkatkan keterampilan kolaboratif siswa. Siswa lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, berdiskusi, serta menyelesaikan masalah bersama. Selain itu, model TGT mampu membangun suasana pembelajran yang menyenangkan dan interaktif, yang meningkatkan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Proses pembelajaran yang melibatkan permainan juga membantu mengurangi kejenuhan, memperbaiki komunikasi antar anggota kelompok, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kerjasama yang lebih baik. Secara menyeluruh, penelitian ini menyimpulkan model TGT mampu meningkatkan keterampilan kolaboratif siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan membentuk pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif.
Referenser
Creswell, J. W. (2016). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Keempat. Pustaka Pelajar.
Fitriasari, N. S., Apriansyah, M. R., & Antika, R. N. (2020). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1). https://doi.org/10.35585/inspir.v10i1.2564
Hardianto, D. (2012). Karateristik Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Online. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), 1–10.
Hesti, Sutama, Budi Murtiyasa, Markamah, Prayitno, Muhibbin, A. (2024). LITERATURE STUDY: IMPLEMENTATION OF THE PERFORMING ARTS MODULE TO IMPROVE COMMUNICATIVE SKILLS IN THE 21st CENTURY. Wahana Didaktika, 162–170.
Idawati, Budi Murtiyasa, Sutama, Harun Prayitno Joko, Markamah, S. A. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KESANTUNAN POSITIF (STUDI LITERATUR). Wahana Didaktika, 22, 216–228.
Julita, & Dheni Purnasari, P. (2022). Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460
Kasmawati, Y. (2021). Kepemimpinan Kolaboratif : Sebuah Bentuk Kepemimpinan Untuk Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 197–207. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.5120
Putra, L. D., & Filianti, F. (2022). Pemanfaatan Canva For Education Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan kolaboratif untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6315
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Resti Septikasari, R. N. F. (2020). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Rizki, N., Sari, N., Guru, P., Dasar, S., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2021). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 035 Indrapuri 1A. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1157–1165.
Santosa, D. S. S. (2018). MANFAAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMGAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Ecodunamika, 1 (3).
Soekmono, R., & Ningtyas, D. P. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural melalui Pendekatan Proyek Kolaboratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.444
Teladaningsih, O., Mawardi, M., & Huliana, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik Kelas 4 Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1530
Winata, K. A. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif dan Kreatif untuk Menghadapi Tuntutan Era Revolusi Industri 4.0. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 12–24.
Yulia Eka Yanti, Aminah Yhasmin, U. I. R. R. M. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ANAK SHOLEH FULL DAY. JIPSOS : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 62–68.
