Channel youtube dalam Kontek Pengajaran Bahasa Inggris : alternative Media Pembelajaran

Författare

  • Kurnia Febianti kurnia STKIP Muhammadiyah Pagar Alam
  • Yoga Pratama STKIP Muhammadiyah Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v5i2.173

Nyckelord:

Youtube channel, Bahasa Inggris, Media pembelajaran

Abstract

Perkembangan teknologi dan informnasi memiliki dampak positif dalam dunia Pendidikan terutama dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing. Terdapat beberepa studi yang   menyatakan bahwa terdapat banyak keuntungan dalam pemanfaatan teknologi serta sosial media dalam pengajaran bagi EFL. youtube sebagai salah satu social media yang berfokus pada video mengahdirkan warna baru dunia Pendidikan dengan memanfaatkan media ini sebagai media pembelajaran di sekolah. Penelitian yang dilakukan di SMK Muhammdiyah Pagaralam ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penggunaan youtube sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris terutama keterampilan    berbicara. Populasi dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas 10 SMK Muhammadiyah Pagaralam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa youtube channel merupakan media pembelajaran yang efektive untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris.

Referenser

Andika, M. 2022. Peran YoutubeSebagaiInovasi Dalam MeningkatkanMotivasiBelajarSiswa Pada Kemampuan Speaking. JurnalEducatio. 8 (4). 1595-1600

Aries, U., &Islamiah, B. (2020). The Use of Instagram To Improve English Literature Students’ Self-Confidence in Mastering Speaking Skill. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(2), 81–92. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE%0A

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Diner, L., Zukhaira, Z., &Lensun, S. F. (2021). Meta-Analysis of the Influence of Instructional Media on Speaking Learning. Lingua Cultura, 15(1), 93–99. https://doi.org/10.21512/lc.v15i1.7298

Ishak, I., dan Euis Yanah Mulyanah. 2020. Pelatihan Guru SD di Tangerang: Implementasi TPR dalamMeningkatkanPenguasaan Bahasa Inggris. Dinamisia: JurnalPengabdianKepada Masyarakat, 4 (1), 1-5

Meinawati, E., Rahmah, N, A., Harmoko, D, D., & Dewi, N. (2020). Increasing English Speaking Skills Through Youtube. Polyglot: JurnalIlmiah, Vol 16, No 1, DOI: dx.doi.org/10.19166/pji.v16i1.1954.

Reddy, M. Samanth. 2016. Importance of English Language in today’s World. International Journal of Academic Research 3 (4(2)), ISSN: 2348-7666.

Putri Utami, L., &DrivokaSulistyaningrum, S. (2022). THE INCORPORATION OF COMMUNICATION SKILLS IN PUBLIC SPEAKING COURSE SYLLABUS AT ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM. Celtic : A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 9(1), 1–20. https://doi.org/10.22219/celtic.v9i1.18281

##submission.downloads##

Publicerad

2023-10-30

Referera så här

kurnia, K. F., & Yoga Pratama. (2023). Channel youtube dalam Kontek Pengajaran Bahasa Inggris : alternative Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.56335/jppn.v5i2.173