PENGGUNAAN KARTU GAME INFORMATION GAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Аутори

  • Winda Wulandari SMP Muhammadiyah Pagaralam

##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:

https://doi.org/10.56335/jppn.v2i1.20

Сажетак

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan memecahkan masalah siswa pada kemampuan berbicara.
Kurikulum 2013 sekarang ini menuntut siswa menguasai aspek pengetahuan dan aspek
keterampilan. Salah satu keterampilan yang sangat penting adalah kemampuan berbicara.
Banyak faktor yang menyebabkan siswa enggan berbicara. Salah satunya adalah media
pembelajaran. Pada dasarnya siswa bosan dengan sistem hafalan, sehingga siswa tidak mampu
menyerap materi karena media pembelajaran yang membosankan. Data awal yang diperoleh
setelah uji pertama pada kemampuan berbicara siswa, nilai rata-rata yang diperoleh hanya
42,50 dan hanya sekitar 7 anak yang tuntas KKM. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk
mengaplikasikan Kartu Game Information Gap ini untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa
Inggris Siswa. Adapun Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VII.3 tahun pelajaran 2017-
2018 SMP Muhammadiyah Pagar Alam yang terdiri dari 30 siswa, 16 laki-laki dan 14
perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi tiap
pertemuan oleh observer dan tes lisan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris siswa.
Hasil yang diperoleh memperlihatkan peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I hanya 60 %
siswa yang tuntas KKM, dan pada siklus II sebanyak 90 % siswa tuntas KKM.

##submission.downloads##

Објављено

2020-03-30

Bрој часописа

Секција

Articles