PENGGUNAAN SOSIOGRAM SEBAGAI MEDIA SIMBOL VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENULIS SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PAGARALAM
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:
https://doi.org/10.56335/jppn.v6i1.191Сажетак
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis antara siswa kelas sepuluh yang diajar dengan menggunakan sosiogram dan yang tidak di SMA Muhammadiyah Pagaralam. Dalam penelitianini, penulis menggunakan metode Quasi experimental dengan pre-test dan post-test. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Pagaralam. Sampel penelitian ini adalahkelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang terdiridari 32 siswa dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 33 siswa yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah menyusun teks naratif bedasarkan sociogram dengan tema buday lokal. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu, pre-test dan post-test. Sedangkan, untuk analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa pada post-test adalah 84,37 dan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai pada pre-test yaitu 56,75. Hasil uji-t sampel independen menunjukkan bahwa, t-hitung sebesar 3,046 dan t-tabel sebesar 1,672. Ini berarti bahwa nilai t-hitunglebih tinggi dari t-tabel (3,046 > 1,672) dan ditemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi menulis antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa sosiogram efektif untuk meningkatkan prestasi menulis siswa.
Референце
Ayala, A. R., & Koch, F. K. (2019).The Image of Ethnography-Making Sense of the Social Through Images: A Structured Method. SAGE: International Journal
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research (4thEdition). Boston, M.A : Pearson Education Inc
Fitri, S. A. (2018). The Use of Sociogram in Improving the Narrative Writing Achievement of the Tenth Grade Students of SMA N 1 Tanjung Raja. (Unpublished Thesis) Palembang: UniversitasSriwijaya
Fraenkel, Jack R, Wallen, Norman E & Hyun, Helen H. (2012).How to Design and Evaluate Research in Education (8th Edition). New York: McGraw-Hill
Harmer, J. (2007).The Practice of English Language Teaching (4th Edition). New York: Pearson Longman.
Hartati, I.D. (2016). Teaching Descriptive Paragraphs Writing through Sociogram to the Eight Grade Students of the State Junior High School 37 Palembang. FKIP PGRI, Palembang
Huang, W., Hong.,&Eades, P. (2007). Effects of sociogram drawing conventions and edge crossings in social network visualitation.Journal of graph algorithms and applications, 11, 397-429.
Mills, G., & Gay, L. R. (2018). Educational Research: Competence For Analysis and Applications (12th Edition). New York: Pearson Longman.
Mort, S. (2017).Reviewing and editing. In S. Mort (Ed.), Professional report writing (pp. 103–108).
Murcia, M. C. (2001). Teaching English as a second or foreign language. Boston: Heinle&Heinle Thomson Learning.
Nunan, D. (2015). Teaching English to speakers of other languages: An introduction. New York: Routledge.
Nurlatifah, L., & Yusuf, F. N. (2022). Students’ problems in writing analytical exposition text in EFL classroom context. English Review: Journal of EnglishEducation, 10(3), 801-810.
Pardiyono. (2007). PastiBisa! Teaching Genre-Based Writing.Yogyakarta:ANDI
Pratama, Y. (2015). Using SociogramtoImprovetheWriting and Speaking Achievements of the EighthGradeStudentsof SMPN 1 JARAI. (Unpublished Thesis). Palembang: UniversitasSriwijaya.
Rafika, D., Marliasari, S., & DA, I. W. D. (2018).Improvingthe Students’ Writing Ability Through Sociogramin Writing Descriptive TexttoThe Eight Grade Studentsof Junior High School 7 Palembang. Journal of English, Literature and Linguistics, 1(2), 44-52
Saragih, N., Silalahi, R., &Pardede, H. (2014).The effectiveness of using recount text to improve writing skill for grade III students of Kalam Kudus Elementary school 2 Pematangsiantar.Pematangsiantar: Universitas HKBP Nommensen
Sepyanda , M. (2017). The Importance of English Subject in Elementary School Curriculum.Journal of English Teaching and research, 1(1), 206-216.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Mims, C., & Russell, J. D. (2015). Instructional technology and media for learning. NY: Pearson
Zorrila, M., & Silva, L. M. (2019). Sociograms: An Afective Tool for Desicion Making in Social Learning. Springer: Technology, knowledge and leanring
