PENERAPAN MODEL PEMBELAJRAN PROBLEM BASED LESRNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA

Avtorji

  • Irma Sendy Aristya STKIP Muhammadiyah Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v4i2.136

Povzetek

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam menulis teks cerita fantasi dan mendeskripsikan hasil pembelajaran setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi untuk siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Pagaralam pada tahun pelajaran. 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel populasi, metode pengambilan sampel adalah purposive sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII. 9 siswa SMP Muhammadiyah Pagaralam Kota. Dari hasil penelitian ini dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) diharapkan dapat bermanfaat khususnya bagi guru, siswa dan sekolah. Penelitian ini menggunakan sampel purposive yang terdiri dari 35 sampel yang diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kata lain teknik yang digunakan adalah tes dan observasi. Dari data yang dianalisis, siswa dalam menulis teks cerita fantasi mendapatkan nilai rata-rata 75-80, sehingga dari hasil tersebut siswa dapat dikatakan mampu menulis teks cerita fantasi dari 35 siswa.

Literatura

Arikunto Suharsimi,2013. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. PT RINEKA 2010.Pembelajaran Menulis.Ghalia Ilmia: Jakarta

Kristiantari, Rini. 2016. Pembelajaran Menulis Deskripsi dan Narasi: Media belajar. Jogjakarta.

Nurginyantoro,Burhan,2016. Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. BFPE.Yogyakarta.

Margono,2014. Metologi Penelitian Pendidika.PT Rineka Cipta, Jakarta.

Rusmono.2012. Strategi pembelajaran dengan Problem Based Lerning: Ghalia Indonesia. JaJakarta

Saefudin, Asis, 2015, Pembelajaran Efektif. PT Remaja Rosadarkarya. Bandung.

Sutama, Made. 2016. Pembelajaran Menulis. Pustaka Belajar: Jogjakarta.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R.&D: CU ALFA BETA.Bandung.

Shoimin, Aris. 20,14. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam kurikulum2013.AR-RUZZ MEDIA. Yogyakarta.

Objavljeno

2022-11-30

Kako citirati

Aristya, I. S. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJRAN PROBLEM BASED LESRNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA . Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 4(2), 53-62. https://doi.org/10.56335/jppn.v4i2.136