PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP IT MATERI SEGIEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.56335/jppn.v5i1.176Palavras-chave:
Pengaruh, media pembelajaran pop it, hasil belajarResumo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Pop it pada materi segi empat terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Pagar Alam tahun ajaran 2021/2022. Teknik eksplorasi yang digunakan adalah strategi uji coba dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Contoh pada kelas eksplorasi adalah kelas VII 7 dengan 34 siswa, sedangkan percontohan di kelas kontrol adalah kelas VII 8 dengan 34 siswa. Metode pengumpulan informasi adalah dokumentasi dan tes. Berdasarkan pemeriksaan informasi, rata-rata kelas percobaan (Kelas VII 7) adalah 79,61 dan kelas kontrol (Kelas VII 8) adalah 62,82. Data tersebut diolah menggunakan statistik uji-t satu pihak. Berdasarkan analisis data maka diperoleh dari perhitungan diperoleh dilihat bahwa, maka dan diterima berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi Ada Pengaruh Media Pembelajaran Pop It Materi Segiempat.
Referências
Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.
Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO.
Apertha, Zulkardi, Yusuf. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Mteri Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 12, No. 2, Juli 2018 , 49.
Firdayati, L. (2019). Penggunaan Model ELPSA dengan Bantuan Alat Peraga G eoboard pada Materi Bangun Datar Segiempat. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Volume 8, No. 1, 2019 , 134.
Sopiany, Rahayu. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa ditinjau dari teori kontruktivisme pada materi segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 13, No. 2, Juli 2019 , 186-187.
Sugiyono. (2017). Metode Peneltian Kuntitatif . Yogyakarta: ALAFABETA.
Sumiati, Agustini. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan soal soal Segiempat dan Segitiga Siswa SMPKelas VIII di Cianjur. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 04, No. 01, Mei 2020 , 322.
Wahyuddin. (2021). Penerapan Model ELPSA dengan Bantuan Alat Peraga Geoboard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 8 No. 4 : Oktober 2021 , 498-499.
