Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Materi Peluang Siswa SMP Negeri 7 Pagaralam

Autores/as

  • Melisa STKIP Muhammadiyah Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v5i1.169

Palabras clave:

Pengaruh, Video Pembelajaran, Hasil Belajar

Resumen

Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan ada pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadaap hasil belajar siswa pada materi peluang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pagaralam Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendekatan eksperimental menggunakan Pretest-Posttest Control Design digunakan dalam penyelidikan ini. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII.B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen. Di kelas kontrol diberikan perlakuan dengan mengunakan pembelajaran biasa. Dan di kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan video pembelajaran. Pengumpulan data diambil dengan metode tes dalam bentuk soal essay. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan video pembelajaran lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.  Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ada Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Pagar Alam Tahun Pelajaran 2022/2023.

Citas

Abdur Rahman As’ari, Mohammad Thoir, Erik Valentino, Zainul Imron, Ibnu Ttaufik, Nuniek Hariarti, dan D. A. L. (2014). Matematika. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitibang, Kemendikbud.

Ardiansah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Pelajaran Pai Di Sma Ypi Tunas Bangsa Palembang. 5(1), 56–70.

Dedi Lazuardi. (2017). 1112-1988-1-Sm. MANAJEMEN KURIKULUM SEBAGAI PENGEMBANGAN TUJUAN PENDIDIKAN Dedi, 1, 99–112.

Fernanda Rizky Pratama1, Patni ninghardjanti2, S. P. (2022). 1 , 2 , 3. 6(1).

Fioiani, A. D. (2021). Pembelajaran 5. Statistika dan Peluang. Modul Belajar Mandiri Matematika, 135–180.

Firdaus, Z. A., & Ruhmawati, T. (2021). Pengaruh Video Animasi Konsumsi Buah dan Sayur. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 2(1), 81–89.

Fitriani, N. E. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Kartun Biologi terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X IPA MAN 1 Pati Tahun Ajaran 2020/2021. 4(1), 16.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Gramedia Widiasarna Indonesia.

Ismawati, D. A., & Tandyonomanu, D. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Sub Pokok Bahasan Hubungan Antar Sudut Kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(1), 1–7.

Istiani, N., & Islamy, A. (2020). FIKIH MEDIA SOSIAL DI INDONESIA. ASY SYAR’IYYAH: JURNAL ILMU SYARI’AH DAN PERBANKAN ISLAM, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586

Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI KARTUN DI SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 316. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8585

Nadziroh, N., Darul, U., Islamic, U., & Pendahuluan, A. (2020). Jurnal Waspada UNDARIS. Jurnal Waspada UNDARIS, 20–30.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Prastica, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekoah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347

Puji Ningsih Sri Hartati, Rohanita Lily, S. I. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP RESPON SISWA THE EFFECT OF USING ANIMATION VIDEO MEDIA ON STUDENT RESPONSES IN MATHEMATICS LEARNING ON OPERATING NUMBER OF ROUND NUMBERS. 6(1), 18–22.

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 57–62.

Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol 6(no 4), 429–439.

Septiati, E., Fuadiah, N. F., Yani, J. A., & Palembang, P. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF proses pembelajaran yang dilakukan masih proses pembelajaran yang dilakukan masih pembelajaran guru dapat memanfaatkan membantu guru dalam menyampaikan dikembangkan ini menarik dan efesien , tertarik untuk melaku. 8(1), 51–56.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Tasmalina, T., & Prabowo, P. (2018). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(1), 14–20. https://doi.org/10.30743/best.v1i1.621

Widyaningrum, I., Widiawati, & Juwita, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Alat Peraga Magnetic Ball Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 27–33.

YENI, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep …. http://repository.radenintan.ac.id/13182/

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Descargas

Publicado

2023-03-31

Cómo citar

Melisa. (2023). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Materi Peluang Siswa SMP Negeri 7 Pagaralam . Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 5(1), 37-44. https://doi.org/10.56335/jppn.v5i1.169