Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sebagai Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek

Autores

  • Yaspin Yolanda Universitas PGRI Silampari
  • Akhmad Budi Mulyanto SMK Negeri 3 Lubuklinggau
  • Muhammad Tarmizi SMA Negeri 8 Kota Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v6i1.181

Resumo

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Lubuklinggau yang dilatarbelakangi (1) masih rendahnya pengetahuan siswa tentang dampak pemanasan global, (2) masih rendahnya kepedulian siswa dalam aksi nyata untuk menurangi resiko pemanasan global, selanjutnya (3) pembelajaran fisika selama ini sangat membosankan. Tujuan penelitian ini mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa setelah menerapkan Project Based Learning (PjBL). Penelitian semu eksperimen ini melibatkan 40 siswa kelas X. Indikator keterampilan berpikir kreatif dalam penelitian ini adalah Kelancaran (Fluency), keluwesan (Flexibility), orisinalitas (Originality), dan elaborasi (elaboration). Instrumen yang digunakan berupa angket, pedoman wawancara dan LKPD. Analisa dilakukan secara deskriptif kuantitatif. hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif mengalami peningkatan pada indikator fluency dengan gain skor 34, indikator flexibility dengan gain skor 39, indikator Originality dengan gain skor 20, indikator elaboration dengan gain skor 16. Sehingga N-gain 0.61 kategori sedang sehingga pembelajaran fisika topik pemanasan global menggunakan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Referências

A.T Rafli, Kharizmi, M., Wedi, S., & Andrian, D. D. (2023). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Kreasi Pengetahuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Animasi 3d. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 444–450.

Afriani, M. A., Harjono, H. S., & Rustam, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4235

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (S. Saleh (ed.); 1st ed.). CV. Widya Puspita.

Anwar, A. (2009). Statistika untuk Penelitian Pendidikan. In IAIT Press (Pertaama). IAIT Press.

Asmi, D. Z., Ali, S., Belajar, M., Pjbl, M., & Makassar, U. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sopeng. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 9(1), 14–22. https://doi.org/10.32699/spektra.v9i1.295

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49–60.

Fatmawati, F., Wahyudi, W., & Harjono, A. (2022). Pengambangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2563–2568. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.983

Fayesa, I., Ayu garawati, R., & Hamidah, I. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Motivasi Dan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. AB-JME: Al-Bahjah Journal of Mathematics Education, 1(2), 86–97. https://doi.org/10.61553/abjme.v1i2.53

Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampun Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTS pada Materi Lingkaran. Aksioma, Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1), 80–86.

Hapsari, D. (2023). Presepsi Mahasiswa : Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Biokimia Terapan. JUSTEK : JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 6(1), 179–186. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ

Nafi Mamluah, Agna Ayu Rahmadhani, Najim Humaidah, & Aziza Karenina. (2023). Validitas Modul Perubahan Fisika dan Kimia Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 180–189. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i2.2281

Parihah, I., Rosita, T., & Saabighoot, Y. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Nuansa Akademik, 8(1), 25–34.

Parinduri, S. H. (2023). Efek Kemandirian Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Fisika. Journal of Physics and Science Learning, 07(2), 75–82.

Putra, N., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2023). Meta-Analisis Pengaruh Stem Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 12(3), 228–239. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v12i3.79314

Rohmawati, Q., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Kepraktisan dan Efektivitas Pembelajaran Konsep Dinamika Rotasi Berorientasi Education for Suistainable Development (ESD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(1), 193–200. https://doi.org/10.51874/jips.v4i1.75

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. In Hamzah Upu (Ed.), Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan, Bandung. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan (Pertama). UNY Press.

Susetyadi, A. D., & Utami, S. (2023). Profil Keterampilan Kerjasama Peserta Didik pada Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Jurnal Biologi EDukasi, 15(1), 54–62.

Sutria, Y., Sirait, S. A., & Utami, A. karunia. (2023). Meta Analisis Efektivitas Model Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 52–58.

Utari, W. M., Gunada, I. W., Makhrus, M., & Kosim, K. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2724–2734. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1822

Wiwita, R., & Handayani, R. (2023). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek pada Labor Komputer. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 248–258.

Yolanda, Y. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Fisika pada Materi Listrik Magnet. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 70–78. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.533

Yolanda, Y. (2020). Development of Contextual-Based Teaching Materials in The Course of Magnetic Electricity. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 3(1), 59. https://doi.org/10.21043/thabiea.v3i1.6616

Yolanda, Y., & Amin, A. (2018). Profil Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa SMA di Kota Lubuklinggau pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 1(2), 70. https://doi.org/10.21043/thabiea.v1i2.4067

Downloads

Publicado

2024-03-30

Como Citar

Yaspin Yolanda, Akhmad Budi Mulyanto, & Muhammad Tarmizi. (2024). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sebagai Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek . Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 6(1), 11-24. https://doi.org/10.56335/jppn.v6i1.181

Edição

Seção

Articles