EVEKTIVITAS ALAT PERAGA PUZZEL LIPAT PADA MATERI KUBUS
DOI:
https://doi.org/10.56335/jppn.v4i1.122Samenvatting
Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Menggunakan Alat Peraga Puzzel Lipat PadaI MateriI Kubus, dan bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran siswa dengan alat peraga puzzle lipat pada materi kubus terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Pagar Alam, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sedangkan populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 282 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 56 siswa, dalam penelitian ini penulis menggunakan random sampling, metode. Pengumpulan. data yang digunakan. adalah Dokumentasi, Tes,S Instrumen Penelitian, tehnik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka simpulan dalam penelitian ini adalah : Pembelajaran menggunakan alat peraga puzzle lipat efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Pagaralam tahun ajaran 2021/2022”. Hal ini di buktikan berdasarkan hasil belajar siswa yang diberi alat peraga puzzle lipat lebih baik dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol. Terlihat dari hasil rata-rata belajar siswa antara kelas eksperimen dan control yaitu 74,9% untuk kelas eksperimen dan 63,03% untuk kelas kontrol.
Referenties
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rieka Cipta
, S. (2013). Prousedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieka Cipta
Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Karim, A. (2014). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Formatif, 4(3), 188–195
Kemdikbud. (2013). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud.
Rohati. (2011). Pengembangani Bahani Ajari Materii Banguni Ruangi Dengani Menggunakani Strategii Relatingi, Experiencing,. Applying,. Cooperating,. Transferringi (React.) Dii Sekolahi Menengahi Pertama.. Edumaticai Volumei 01. Nomor. 02,. Oktoberi 2011. ISSN:. 2088-215.
Rostika, D. (2008). Pembelajarani Volumei Banguni Ruangi Melaluii Pendekatan Konstruktivismei untuki Siswai Sekolahi Dasari. “JURNAL, Pendidikan Dasari “ Nomor:i 9 - April 2008
