Analisis Kemampuan Siswa Kelas X MIPA 2 MAN 1 Bantul dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:
https://doi.org/10.56335/jppn.v5i1.137Sammendrag
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pencapaian kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi kelas X MIPA 2 MAN 1 Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 2 yang masing-masing memiliki kemampuan literasi numerasi yang berbeda yaitu sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal literassi numerasi serta hasil wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah memberikan skor pada setiap jawaban subjek, kemudian skor diubah dalam bentuk persentase. Skor ditentukan sesuai dengan indikator literasi numerasi yaitu: a) Mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang berkaitan dengan matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari; b) Mampu menganalsis informasi yang ditampilka dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram, dan lain sebagainya); c) Mampu menafsirkan hasil analsis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang kemampuan literasi numerasi dengan kategori sedang jika ketercapaian literasi numerasinya hingga 97%, dan untuk kategori rendah nilai jika ketercapaian literasi numerasi hingga 54%. Berdasarkan data, kemampuan literasi numerasi belum digunakan secara maksimal oleh siswa yang masuk kategori sedang dan rendah.
Referanser
Anggraini, Yenni Dian. 2020. Modul Pembelajaran SMA Matematika Umum Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, dan Direktorat Sekolah Menengah Atas. URL: https://www.defantri.com/2020/11/modul-pembelajaran-matematika-sma.html?m=1 Diakses pada 13 Juni 2022.
Ate, Dekriati dan Yulius Keremata Lede. 2022. Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6 (1). 472-483.
Cahyono, H., & Effendy, M. M. (2020). Membiasakan Siswa Bwerpikir Matematis. Di Sugiarti & E. F. Andalas (Eds). Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan. Malang: UMM Press.
Fatmawati, Aldila. 2018. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Konten Geometri Di SMP Negeri 20 Palembang. Skripsi Universitas Sriwijaya. URL: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/1719 Diakses pada 4 Juni 2022.
Kaka, Anjelina Eta Leba, Dekriati Ate dan Samuel rex M.Making. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP N.1 Kota Tambolaka. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba. 3(2). 88-96. DOI: https://doi.org/10.53395/jppms.v3i2
Larasaty, Brigitta Misgi, Mustani dan Haniek Sri Pratini. 2018. Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta Melalui Pendekatan PMRI Berbasis PISA pada Materi Pokok SPLDV. Prosding Seminar Nasional Etnomatnedia. 622-633. URL: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2393 Diakses pada 6 Juni 2022.
Liswati, Tri Wahyuni, Yuyun Sri Yuniarti dan Ni Gusti Ayu Putu Sakinah. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Numerasi. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Atas – Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. URL: https://penilaian-sma.kemendikbud.go.id:4363/emodulsma/detail.php?id=NTEx
Maulyda, Mohammad Archi. 2020. Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH
Rohim, Dhina Cahya, Septina Rhmawati dan Inggrid Dyah Ganestri. 2021. Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literassi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. 33 (1). 54-62. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Simamora, Ebeneser Wacner dan Akhiruddin. 2022. Analisis Kemampuan ;iterasi Numerasi Mahasiswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Implusif. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika). 4(2). 89-95. DOI: https://doi.org/10.30598/jumadikavol4iss2year2022page89-95
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaitf dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Tim Gerakan Literasi Nasional. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. URL: http://repositori.kemdikbud.gp.id/11628/
