PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHEKS DALAM MEMBACA PUISI KELAS VIII SMP
##semicolon##
https://doi.org/10.56335/jppn.v3i2.96##semicolon##
Puisi##common.commaListSeparator## membaca##common.commaListSeparator## pair cheksپوختە
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamanakah penerapan model pembelajaran pair cheks dan bagaimnakah hasil pembelajaran membaca puisi dengan penerapan model pembelajaran pair cheks pada siswa SMP Negeri 2 Lintang Kanan Tahun Pelajaran 2020-2021. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran pair cheks dan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran membaca puisi dengan model pembelajaran pair cheks pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lintang kanan Tahun Pelajaran 2020-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kuantitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi dengan sumber data hasil membaca puisi. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII.C berjumlah 26 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pair cheks berhasil diterapkan dalam pembelajaran membaca puisi, hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa yang memperoleh nilai rata-rata 70,26 dengan kategori baik. Dan dari nilai observasi guru mendapatkan nilai rata-rata 60 yang dikategorikan cukup. Dari simpulan di atas dapatkan dikatakan bahwa dalam penerapan model pembelajaran pair cherks dalam membaca puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lintang Kanan Tahun Pelajaran 2020-2021 dapat dikategorikan berhasil karena dapat dilihat pada skor nilai ahir yaitu 60 dengan kategori cukup.
سەرچاوەکان
Arikunto, Suharsimi. 2013 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta
E.Kosasih, E 2014 Strategi Belajar mengajar, Implementasi Kurikulum 2013,Bandung:Yrama Widya
Erizal Gani,M,pdkiat 2014 Pembacaan Puisi Teori dan Terapan, Penerbit
PUSTAKA RENKA CIPTA
Heny Guntur Tarigan, 2018 Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa CetakPertama tahun 1979,
Penerbit ANGKASA Bandung
Kosasih, E 2017 IndahnyaBerpuisi, Pusat Kurikulum dan Pembukaan, Penerbit
Blitbang, Kemendikbud
Kosasih, E 2014 Jenis-jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia.
Bandung: Yrama widya
Jurnal Ramadansyah : 2012: 173-178 dikutif Prima Gusti dan din Restu Fauzyah 2016,Langkah-Langkah Membaca Puisi
Jurnal Ernika 2017 Fakulitas Keguruan Dan Keilmuan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara Medan
Jurnal Deca Febrianti dan Winda Handayani, 2020/2016 Fakulitas Universiti PGRI Palembang dan STKIP Muhammadiyah Pagar Alam
Jurnal Penerapan Strategi Pair cheks Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Muhamadiyah Kabupaten Banten.
Jurnal Blanton dkk (dikutip Rahim,2005) Tujuan Membaca Puisi
Jurrnal Ela Fitriani Nurhana: Pengaruh Penggunaan Strategi Pair cheks TerhadapKemampuan Siswa Menulis Surat Dinas Siswa SMP Negeri 13 Malang.
Mahsun, Ms. 2012 Metode Penelitian Bahasa : Tahap Strategi Metode danTekniknya
Mahsun-Ed Revisi Pers
Muhammad Faturahman 2008 Pendekatan dan Model Pembelajaran Cetak 1 Diterbitkan Oleh, KALIMEDIA
Muhammad Faturahman 2008 Pembelajaran Model Pair Cheks Cetak 1 diterbitkan Oleh, KALIMED
