UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 08 LUBUKLINGGAU DALAM MEMAHAMI MATERI SPLDV MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TAHUN PELAJARAN 2019/2020

توێژەران

  • Rusnila Emmi STKIP Muhammadiyah Pagaralam

##semicolon##

https://doi.org/10.56335/jppn.v3i1.63

##semicolon##

Cooperative Learning##common.commaListSeparator## NUmbered Head Together (NHT)##common.commaListSeparator## Penelitian Tindakan Kelas

پوختە

Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 08 Lubuklinggau Dalam Memahami Materi SPLDV Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pelajaran matematika kelas VIII di SMP 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas VIIIA SMP N 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 66,25; siklus II sebesar 82,03; persentase ketuntasan klasikal sebesar 80,65%; dan persentase peningkatan rata-rata hasil belajar setelah diberi tindakan sebanyak 2 siklus sebesar 23,56%. Sedangkan Peningkatan skor aktivitas belajar siswa untuk setiap siklusnya Pada siklus I skor rata-rata aktivitas sebesar 17,75 dan siklus II sebesar 20,16.

سەرچاوەکان

Afandi, dkk. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang : Sultan Agung Press

Aliwanto. 2017. Analisis Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 3 No. 1 Januari-Juni 2017

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, dkk. 2017. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Nht (Numbered Heads Together). Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi ISBN : 978-602-61599-6-0 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hamzah. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Kuningan. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 8, No 2, hal. 213-226

Hariyanto, 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Rosda

Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.

Jamalong. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Numbered Heads Together (Nht) Di Kelas X Sma Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, No 4, hal. 394-411

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Megawati. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2, No 1 hal 45 – 52

Mustami, dkk. 2017. Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan Dan Perkembangan Dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017

Pratiwi, dkk. 2018. Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Pembelajaran kooperatif tipe nht di sd n nomporejo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 11 Tahun ke-7 2018

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers

بڵاو کرایەوە

2021-04-28