PENGEMBANGAN MODUL PENILAIAN TES DIAGNOSIS MISKONSEPSI MAHASISWA MATERI KOMPONEN ELEKTRONIKA TERINTEGRASI CRI

Szerzők

  • Yaspin Yolanda Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v4i2.133

Kulcsszavak:

Modul Miskonsepsi, Borg and Gall, Komponen Elektronika

Absztrakt

Penelitian ini diambil berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti di Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas PGRI Silampari Semester V (Lima) TP 2022/2023 Universitas PGRI Silampari yang menunjukkan banyak mahasiswa mengalami miskonsepsi komponen elektronika yakni sebanyak 84 persen mahasiswa mengalami miskonsepsi konsep tentang kode warna resistor, 90% mahasiswa belum memahami membedakan rangkaian resistor yang disusun secara seri, paralel dan campuran, sebanyak 90 persen mahasiswa mengalami miskonsepsi mahasiswa tentang membaca alat ukur multimeter. Selanjutnya masih banyaknya mahasiswa yang kesulitan matematis dalam menentukan nilai tegangan, arus pada rangkaian resistor yang disusun gabungan seri-paralel menjadi daftar panjang permasalahan yang harus dihadapi dosen pengampu mata pelajaran. Minimnya keterbatasan modul elektronik yang mendeteksi miskonsepsi mahasiswa menuntut kami mengembangkan modul penilaian komponen elektronika. Tujuan Penelitian (1) untuk menganalisa miskonsepsi mahasiswa pada materi komponen elektronika setelah menerapkan model Inquiry dalam pembelajaran dan (2) untuk mengukur validitas dan kepraktisan modul elektronika komponen-komponen elektronika sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini semester ganjil yaitu pada bulan september sampai bulan desember 2022. Model penelitian dan pengembangan (research and development) menurut Borg dan Gall. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan modul penilaian miskonsepsi komponen elektronika adalah tingkat validitas dengan persentase 37,5% (valid), rata-rata respon mahasiswa field test 3,8 dengan kategori sangat praktis dan efektivitas modul penilaian miskonsepsi komponen elektronika terjadinya peningkatan jumlah mahasiswa yang paham konsep sebesar 95,03% (sangat baik). Efektivitas modul dilihat dari nilai tes mahasiswa setelah mengunakan modul penilaian miskonsepsi komponen elektronika yang mengikuti tes ada 40 mahasiswa, terdapat 2 mahasiswa yang miskonsepsi dan 38 mahasiswa dinyatakan paham konsep.

Hivatkozások

Adib, H. S. (2017). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Dan Teknologi, Fakultas MIPA Universitas Muhammadiyah Semarang, 139–157. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3054

Aka, K. A. (2019). Integration Borg & Gall (1983) and Lee & Owen (2004) models as an alternative model of design-based research of interactive multimedia in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012022

Aulia, S., Diana, N., & Yuberti, Y. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Smp Pada Materi Fisika Analysis of Misconception of Junior High School Students in Physical Materials. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(2), 155–161. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Choirun, N., & Anggana, A. Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict Menggunakan Multisim10 Simulations Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 311–317.

Didik, L. A., Wahyudi, M., & Kafrawi, M. (2020). Identifikasi Miskonsepsi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Tadris Fisika pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan 3-Tier Diagnostic Test. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 128. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9911

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2017). Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 165–178. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4878

Ferryana, I. G., Ratnaya, I. G., & Nyoman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Dasar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(2), 123–132.

Hardani, Nur, H. A., Helmina, A., & Jumari. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Haris, V. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Materi Mekanika Dengan Menggunakan Cri (Certainty of Response Index). Ta’dib, 16(1). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.240

Helaluddin, Tulak, H., & N, S. V. (2020). Penelitian dan Pengembangan (1st ed.). Media Madani Serang Banten.

Hutagalung, S. N. (2018). PEMBELAJARAN FISIKA DASAR DAN ELEKTRONIKA DASAR MENGGUNAKAN APLIKASI MATLAB METODE SIMULINK. Journal of Science and Social Research, 1(1), 30–35.

Imania, Annisa, K., Bariah, & Khusnul, S. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Luqman Hakim, M. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Certainty of Response Index Pada Konsep Optik Geometri. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 45–53.

Mahrus, A. (2013). Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Klinik Pembelajaran Dalam Psikologi Pendidikan dipelajari beberapa gejala kesulitan. 4(2), 263–294.

Mujib, A. (2017). Indentifikasi Miskonsepsi Mahasiswa MEnggunakan CRI Pada Mata Kuliah Kalkulus. Mushorafa, 6(2), 181–192.

Muna, I. A. (2015). Newton Menggunakan Certainty of Response Index ( Cri ). Cendekia, 13(2), 309–332.

Muslichah, M., Mahardhani, A. J., Azzahra, A. F. N., & Ekwa, D. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang. Jurnal Kiprah, 9(2), 90–99.

Mustika, A. A., Hala, Y., Arsal, A. F., Negeri, U., & Landak, M. J. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Makassar pada Konsep Genetika dengan Metode CRI Identification of Misconception of Biology Students at State University of Makassar on Genetic Concept by Applying CRI Method. Jurnal Sainsmat, III(2), 122–129. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat

Nasution, L. masnidar. (2017). STATISTIK DESKRIPTIF Leni Masnidar Nasution. Jurnal Hikmah, 14(1), 49–55. https://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/16

Nofitasari, I., & Sihombing, Y. (2017). DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DAN FAKTOR PENYEBABNYA DALAM MEMAHAMI MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 2 BENGKAYANG DESCRIPTION. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 07(01), 44–53.

Prasetyono, R. N. (2017). Miskonsepsi Mahasiswa Teknik Informatika Pada Materi Kelistrikan. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 62. https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.516

Putri, R. N. A., Suryaningrum, I., & Suyudi, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Fisika Pada Konsep Osilasi Pegas-Massa Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 2(2), 67–73.

Rubhan Masykur, Nofrizal, M. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://www.researchgate.net/publication/322111512_Pengembangan_Media_Pembelajaran_Matematika_dengan_Macromedia_Flash

Samudra, A. Q. P. S. K. P. (2020). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2), 95–102.

Satria, H. (2021). Pengaruh Teknik Cooperative Learning Berbasis Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Dasar-Dasar Elektronika. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 17. https://doi.org/10.22373/crc.v5i1.8085

Suryati. (2021). Pengembangan Kualitas Sumber Daya Guru dan Karyawan Melalui Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Revitalisasi Profil Pelajar Pancasila. Journal on Education, 04(01), 182–196.

Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal UPI, 24(3), 4–9.

Tiandho, Y. (2018). Miskonsepsi gaya gesek pada mahasiswa Frictional force misconceptions on undergraduate student. Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i1.1814

Utomo, L. A., Muslimin, M., & Darsikin, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Borg And Gall Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 1 Marawola. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 16. https://doi.org/10.22487/j25805924.2016.v4.i2.6053

Walter R. Borg, M. D. G. (2006). Educational research: An introduction 8th Edition (8th ed.). David McKay; 2nd edition.

Yolanda, Y. (2021). PENERAPAN MODUL PENILAIAN MISKONSEPSI IPA MATERI SUHU DAN KALOR TERINTEGRASI CRI (Certainly Of Response Index) MELALUI METODE BLENDED LEARNING. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 74. https://doi.org/10.26418/jippf.v2i2.48156

Yolanda, Y., & Amin, A. (2018). Profil Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa SMA di Kota Lubuklinggau pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 01(02), 70–78.

Yolviansyah, F., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika di SMA N 8 Kota Jambi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 541–545. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3164

Megjelent

2022-11-30

Hogyan kell idézni

Yolanda, Y. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PENILAIAN TES DIAGNOSIS MISKONSEPSI MAHASISWA MATERI KOMPONEN ELEKTRONIKA TERINTEGRASI CRI . Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 4(2), 19-35. https://doi.org/10.56335/jppn.v4i2.133

Folyóirat szám

Rovat

Articles