PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Autor(i)

  • Desfirda Hartanti Universitas PGRI Silampari
  • Yaspin Yolanda Universitas PGRI Silampari

##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:

https://doi.org/10.56335/jppn.v6i2.183

Ključne riječi:

Model PjBL, Berpikir Kreatif.

Sažetak

Project Based Learning (PjBL) merupakan pembelajaran di mana siswa terlibat langsung dalam pembuatan suatu proyek. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif setelah menggunakan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Hasil pengujian hipotesis menggunakan lembar observasi, dan angket yang menunjukan bahwa model penerapan model PjBL digunakan sangat baik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket kemampuan berpikir kreatif.. Berdasarkan penilaian angket kemampuan berpikir kreatif mengalami peningkatan pada indikator fluency dari 67% dengan kriteria Cukup Kreatif menjadi 71% dengan kriteria Kreatif, indikator yang kedua yaitu flexibility dari 63% dengan kriteria Cukup Kreatif menjadi 70% dengan kriteria Kreatif,, indikator yang ketiga yaitu Originality dari 70% dengan kriteria Kreatif menjadi 78% dengan kriteria Kreatif, indikator yang keempat yaitu Elaboration dari 68% dengan kriteria Kreatif menjadi 70% dengan kriteria Kreatif

##submission.citations##

A.T Rafli, Muhammad Kharizmi, Surya Wedi, and Deni Dwi Andrian. 2023. “Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Kreasi Pengetahuan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Animasi 3d.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5(1):444–50.

Afriani, Mefliza Afriani, Hary Soedarto Harjono, and Rustam Rustam. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Menulis Teks Deskripsi.” Jurnal Basicedu 7(1):52–61. doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4235.

Amalia, Lina Nur, Joko Saefan, and Joko Siswanto. 2019. “Keefektifan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Kesatrian 2 Semarang Pada Materi Usaha Dan Energi.” Pp. 106–12 in Prosiding Seminar Nasional Lontar Physics Forum.

Asmi, Ditya Zul, Sidin Ali, Motivasi Belajar, Model Pjbl, and Universitas Negeri Makassar. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sopeng.” 9(1):14–22. doi: 10.32699/spektra.v9i1.295.

Azizah Nurul nur, et al. 2022. Pengantar Pendidikan. Bandung: CV.Media Sains Indonesia.

Azwar, Saifuddin. 2012. “Reliabilitas Dan Validitas Edisi 4.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fajrina, Rani Nur Arifah Agus, Supriyono Koes Handayanto, and Arif Hidayat. 2018. “Peran Model Project Based Learning Dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas XI IPA Melalui Materi Fluida Statis.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3(3):291–95.

FANANI, AZIZ. 2021. “Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPS Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD Gugus DR Sutomo Mandiraja Banjarnegara.”

Fatmawati, Fatmawati, Wahyudi Wahyudi, and Ahmad Harjono. 2022. “Pengambangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(4b):2563–68. doi: 10.29303/jipp.v7i4b.983.

Hapsari, Diyah. 2023. “Presepsi Mahasiswa : Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Biokimia Terapan.” 6(1):179–86.

Lestari, Sudarsri. 2018. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2):94–100.

Prawiradilaga, D. S. (2015). Prinsip Desain Pembelajaran. Kencana.

Purwono, U. (2008). Bahan Sosialisasi Standar Penilaian Buku Teks Pelajaran Tik. Bsnp.

Rahman, S. A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Menggunakan Software Flip Pdf Profesional Pada Materi Bentuk Aljabar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ratnawati, H. W. (2022). Modul Ilmu Pengetahuan Alam Sma/Ma Mendukung Sekolah Penggerak Merdeka. Pt Bumi Aksara.

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1).

Rozak, A., Unipma, D., & Murtafiâ, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura Untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Smk Cendekia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1).

Sari, Rona Taula, and Siska Angreni. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa.” Jurnal Varidika 30(1):79–83.

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 119–131.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sinambela, P. N. J., Bulan, A., Febrina, A., Susilowaty, N., Faturrochman, M., Novianti, W., Sembiring, E. T. B., Chairunnisa, D. E., & Subroto, D. M.

Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi Dan Media Pembelajaran Jilid I. CV Jejak (Jejak Publisher).

Susetyadi, Arya Dwi, and Sri Utami. 2023. “Profil Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Pada Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL).” Jurnal Biologi EDukasi 15(1):54–62.

Wiwita, Risma, and Revi Handayani. 2023. “Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Labor Komputer.” Jurnal Ilmu Pendidikan 5(1):248–58.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2.

Widiasworo, E. (2017). Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, Dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yolanda, Yaspin. 2022. “Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) Prakarya Elektronika Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Terintegrasi Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa.” Journal of Physics and Science Learning 06(02):93–106.

Yolanda, Yaspin, and Afit Fathurohman. 2023. “Analysis Of Student Collaboration Skills Using The Independent Flow Of Basic Physics Course Material Of Capacitors.” Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika 3(1):32–42. doi: 10.24252/al-khazini.v3i1.36701.

##submission.downloads##

Objavljeno

2024-11-30

Broj časopisa

Rubrika

Articles