Analisis Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik SD
DOI :
https://doi.org/10.56335/jppn.v6i2.222Mots-clés :
Problem solving, Kemampuan Pemecahan Masalah, MatematikaRésumé
Model pembelajaran problem solving merupakan pendekatan yang melibatkan siswa untuk menyelesaikan masalah selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini ditujukan pada menganalisis efektivitas model pembelajaran problem solving untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik SD. Peneliti menggunakan metode pendekatan kulaitatif berupa Literatur review dengan menganalisis jurnal yang menyesuaikan pada topik bahasan yang akan diangkat sehingga diperoleh sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasanya model pembelajaran problem solving adalah model yang sangat cocok diaplikasikan guna membuat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya dalam pembelajaran matematika.
Références
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 12–20. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.531
Ningsih, W., Suseno, N., & Salim, M. B. (2023). Perbandingan Hasil Belajar Dan Tingkat Kolaborasi Siswa Menggunakan Metode Diskusi Antara Kelompok Homogen Dengan Kelompok Heterogen. Jurnal Firnas, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.24127/firnas.v4i2.4423
Prasela, N., Witarsa, R., & Ahmadi, D. (2020). Kajian Literatur Tentang Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 209–216. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1218
Prihatiningtyas, D., Ariyanto, L., & Murtianto, Y. H. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem solving dan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 108114. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5771
Putri, A., Desi Iswara, A., & Rahman Hakim, A. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(58), 124–133.
Ratana Subha Tusitadevi, & Suhandi Astuti. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Inventa, 5(1), 115. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3528
Ruskandi, K., & Hendra, H. (2016). Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 10(2), 66–73. https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3184
Saputri, Y., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Efektivitas Model Pembelajaran Problem solving dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 935–948. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.577
Wildaniati, Y. (2018). EFISIENSI METODE PROBLEM SOLVING DAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Yunita Wildaniati *. VI, 232–248.
