Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Concept Cartoon di SD Negeri 74 Lubuklinggau

Auteurs-es

  • Novita Sari, M.Pd Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI :

https://doi.org/10.56335/jppn.v6i1.188

Mots-clés :

Concept Cartoon, Bahasa Inggris, Strategi Pembelajaran.

Résumé

Bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang telah masuk dalam kurikulum Indonesia. Dengan status bahasa inggris sebagai  bahasa internasional (English as an International Language),   Sebuah materi akan mampu dipelajari oleh peserta didik tergantung dengan bagaimana guru mempersiapkan rencana pemebelajaran yang didalamnya mengandung metode, strategi maupun teknik. Concept Cartoon  adalah salah satu strategi mengajar yang bertujuan agar peserta didik mampu berpikir atau memecahkan masalah dengan menggunakan gambar atau poster sederhana. Penelitian yang dilakukan di SD Negeri 74 Lubuklinggau ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan  Penerapan pembelajaran Bahasa Inggis dengan Concept Cartoon  di SD Negeri 74 Lubuklinggau Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analasis data dalam penelitian ini melalui tahap, yaitu: pengumpulan data,kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Concept Cartoon merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan  kemampuan berbicara (Speaking) peserta didik.

Références

Brown, H.D. 2001. Teaching by principles: An Interactives Approach to Language Pedagogy. New York:Addison Wesley longman, Inc.

Keogh, B. & Naylor, S. 2000. Teaching, Learning and Assessment in Science Using Concept Cartoon.” Journal of Investigating. Vol. (I). 10-14.

Lazaraton, A. (2001). Teacing oral skills. Dalam M. Celce-Murcia (Ed), Teaching English as a second or foreign language. Boston, MA:Heinle & Heinle.

Lexy Moleong. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naylor, S. (2013). Teaching, Learning and assessment in Science using Concept Cartoons. Diakes pada 12 agustus 2018 dari https://www.researchgate.net?public ation/234735301_Teaching_and_Lear ning_in_Science_Using_Concept_Cart oons

Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. New York: McGraw Hill.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar kompetensi Lulusan untuk Satuan pendidikan Dasar dan Menengah.

Ratmaningsih, N.M. (2019). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: Rajawali Pers.

Rosnaningsih, A.,Dwi, F.N & Nuri, F. ( 2022). Penggunaan Strategi Concept Cartoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Sdn Bencongan 1 Kabupaten Tangerang. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran. 1 (1). 1-7

Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Téléchargements

Publié-e

2024-03-30

Comment citer

Novita Sari, M.Pd. (2024). Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Concept Cartoon di SD Negeri 74 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 6(1), 25-32. https://doi.org/10.56335/jppn.v6i1.188

Numéro

Rubrique

Articles