PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP MELALUI MATERI MAGNETIC STICK-ON CIRCLE

Kirjoittajat

  • Kristina Marta Novari iin STKIP Muhammadiyah Pagar Alam
  • Indah Widyaningrum STKIP Muhammadiyah Pagar Alam
  • Widiawati STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Widiawati STKIP Muhammadiyah Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v5i2.195

Avainsanat:

Discovery Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Lingkaran.

Abstrakti

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan 2) hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui media magnetic stick pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Pagar Alam. Penelitian ini bersifat eksperimental dalam kategori Desain One-Group Pretest-Posttest yang melibatkan 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pagar Alam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) analisis data dokumentasi, 2) analisis data observasi, dan 3) analisis data uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran discovery learning melalui media magnetic stick menunjukkan kategori sangat aktif dilihat dari aktivitas visual, lisan, listening, metrik, dan menulis. Sedangkan hasil belajar siswa saat menggunakan model pembelajaran Discovery Learning melalui media magnetic stick pada materi lingkaran menghasilkan hasil tes siswa yang cukup baik. Dengan demikian, model pembelajaran Discovery Learning melalui media magnetic stick sangat cocok digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi lingkaran.

Lähdeviitteet

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.

Hidayati, T., & Widjajanti, DB (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lingkaran SMP Kelas VIII dengan Suplemen Materi History of Mathematics (HOM). PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 211. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9168

Karim, K., & Maulida, T. (2014). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.605

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jurnal Informasi dan Pemodelan Kimia, 53(9), 1689–1699.

Manalu, ACS, Manalu, S., & Zanthy, LS (2020). Analisis membantu Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179

Mandagi, FAM, Palobaran, M., & Sudirman, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Media Elektrik, 19(1), 46. https://doi.org/10.26858/metrik.v19i1.27296

Novari, DS, Widyaningrum, I., & W., W. (2019). Penerapan Pbl Melalui Pembuatan Taman Rumput Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII. Jurnal Sains dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/jmse.v2i1.328

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap. 1(3), 361–370. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.361-370

Rahayu, C., Widiawati, & widyaningrum, I. (2018). Penerapan metode penemuan terbimbing pada materi luas permukaan dan volume bola di kelas IX. 3, 93–101.

Reichenbach, A., Bringmann, A., Pembaca, EE, Pournaras, CJ, Rungger-Brändle, E., Riva, CE, Hardarson, SH, Stefansson, E., Yard, WN, Newman, EA, & Holmes, D . PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKAKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Kemajuan Penelitian

Retina dan Mata, 561(3), S2–S3.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.

Suyanti, RD (2010). Strategi Pembelajaran Kimia. Gastronomía Ecuatoriana dan Turismo Lokal., 1(69), 5–24.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.

Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113 Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.

Hidayati, T., & Widjajanti, DB (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lingkaran SMP Kelas VIII dengan Suplemen Materi History of Mathematics (HOM). PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 211. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9168

Karim, K., & Maulida, T. (2014). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman

Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.605

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jurnal Informasi dan Pemodelan Kimia, 53(9), 1689–1699.

Manalu, ACS, Manalu, S., & Zanthy, LS (2020). Analisis membantu Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179

Mandagi, FAM, Palobaran, M., & Sudirman, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Media Elektrik, 19(1), 46. https://doi.org/10.26858/metrik.v19i1.27296

Novari, DS, Widyaningrum, I., & W., W. (2019). Penerapan Pbl Melalui Pembuatan Taman Rumput Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII. Jurnal Sains dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/jmse.v2i1.328

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap. 1(3), 361–370. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.361-370

Rahayu, C., Widiawati, & widyaningrum, I. (2018). Penerapan metode penemuan terbimbing pada materi luas permukaan dan volume bola di kelas IX. 3, 93–101.

Reichenbach, A., Bringmann, A., Pembaca, EE, Pournaras, CJ, Rungger-Brändle, E., Riva, CE, Hardarson, SH, Stefansson, E., Yard, WN, Newman, EA, & Holmes, D . PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKAKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Kemajuan Penelitian

Retina dan Mata, 561(3), S2–S3.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.

Suyanti, RD (2010). Strategi Pembelajaran Kimia. Gastronomía Ecuatoriana dan Turismo Lokal., 1(69), 5–24.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.

Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

##submission.downloads##

Julkaistu

2024-09-06

Viittaaminen

iin, K. M. N., Indah Widyaningrum, Widiawati, & Widiawati. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP MELALUI MATERI MAGNETIC STICK-ON CIRCLE. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 5(2). https://doi.org/10.56335/jppn.v5i2.195

##plugins.generic.recommendBySimilarity.heading##

##plugins.generic.recommendBySimilarity.advancedSearchIntro##