ANALISIS KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TIPE PISA BERDASARKAN KESALAHAN KASTOLAN
DOI::
https://doi.org/10.56335/jppn.v7i1.232کلمات کلیدی:
kesulitan matematika, soal cerita PISA, kesalahan Kastolan, analisis kesalahan, literasi matematika.چکیده
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tipe PISA berdasarkan analisis kesalahan menurut tahapan Kastolan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 10 siswa usia 15 tahun sebagai subjek penelitian. Data diperoleh melalui tes berbentuk soal esai, observasi, dan dokumentasi yang mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami tiga jenis kesalahan, yaitu kesalahan konseptual, prosedural, dan teknikal. Kesalahan konseptual terjadi akibat ketidakpahaman siswa dalam memilih atau menerapkan rumus yang tepat. Kesalahan prosedural terkait dengan ketidakmampuan siswa mengikuti langkah-langkah yang benar dalam penyelesaian soal, sedangkan kesalahan teknikal muncul karena kesalahan perhitungan atau ketidaktelitian dalam mengevaluasi jawaban. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa meliputi pemahaman konsep yang rendah, kurangnya latihan soal yang sesuai, dan ketidaktelitian dalam perhitungan. Penelitian ini menyarankan peningkatan kualitas pembelajaran dengan memberikan latihan soal yang beragam, memperbaiki strategi pembelajaran, serta melibatkan orang tua untuk mendukung belajar siswa di rumah. Diharapkan, penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pendidik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.
Kata Kunci: kesulitan matematika, soal cerita PISA, kesalahan Kastolan, analisis kesalahan, literasi matematika.
مراجع
Hutauruk, L. (2018, July). Kemampuan penalaran matematika siswa pada materi spldv dengan menggunakan budaya khas Palembang yang berbasiskan taksonomi Solo superitem siswa kelas ix. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
(OECD,2019) Indonesia – Country Note – PISA 2018 results. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf.
Heine, J. H. (2022). Evaluating the effects of analytical decisions in large-scale assessments: analyzing PISA mathematics 2003-2012. Large-Scale Assessments in Education, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40536-022-00129-5.
Machromah, I. U., Sutama, S., Prayitno, H. J., Faiziyah, N., & Fatmasari, L. W. S. (2020). Designing PISA-like mathematics task to assess students’ mathematical literacy. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4986–4995. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081072.
Masjaya & Wardono. (2018). The importance of mathematical literacy ability to grow mathematical connection ability in increasing human resources [in Bahasa]. Prosiding Seminar Nasional Matematika UNNES 2017, 568–574, Semarang: UNNES.
Roza, L., Aulia, N., & Zulherman. (2021). Analisa Pemanfaatan E-Learning Menggunakan Data Statistik Pengguna Aplikasi Startup Pendidikan Selama Wabah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 407–420. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.20396.
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68– 74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 659–663.
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824.
Ansyori, G. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sdn 59 Kota Bengkulu. Junal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1–10
Susanti, S. (2019). Newman Prosedur dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.283.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315– 322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110.
Sriningsih, N. N., Sarjana, K., Hayati. L., & Prayitno. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal-soal Model PISA. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2, 96–104.
Prastika, Y. D. (2021). Hubungan Minat Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Yadika Bandar Lampung 1. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 26–32.
Widyastuti, W., Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. T. (2019). Minat Siswa Terhadap Matematika Dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran Dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83–100. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6750.83-100.
Saihu, S. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 83–98. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76.
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id. /484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf.
Muslimatul Khanifah, N., & Nusantara, T. (2013). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bulat dan Scaffoldingnya. Program Studi Pendidikan Matematika, 1–14
Florencia Ivani Hananta, O., & Ratu, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 29–35
Supita, S., Nuryani, L. Z., & Istiqomah, I. (2020). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Materi Logaritma Kelas X SMK. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 41–51.
Lutfia, Lusi dan Luvy Sylviana Zanthy. 2019. “Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel”. Journal On Education. 1(3): 396- 404.
Afdila, Nurul Fajriyati, Yenita Roza dan Maimunnah. 2018. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan”. LEMMA : Letters Of Mathematics Education. 5(1): 65-72.
Damayanti dan Dani Firmansyah. 2019. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1a): 37-52.
Nasrudin, Reqy Thoat. 2017. “Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kubus dan Balok Di MTS Negeri Sukoharjo”, Skripsi, FKIP, Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Widyantari, Fajar Pramesti. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga”. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW.
Oktaviani, Maya. 2017. “Analysis of Students’ Error in Doing Mathematics Problem on Proportion”. In Proceedings of the 2nd Asian Education Symposium (AES 2017), pages 172-177.
Putra, M. A. Adi, dkk. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Al-Azhar Mandiri Palu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 3(3): 303-316
Dwilistyowati, Maylis. 2018. “Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan dan Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sistem Persamaan Linear Dua Variabel(SPLDV)”, Skripsi, FKIP, Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yulanda, Restu dan Yarman. 2018. “Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman”. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. 7(4): 121-126.
Raharti, Antonia Dwi dan Tri N. H. Yunianta. 2020. “Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Kastolan”. Journal Of Hanoi Math. 3(1): 77-100.
Prafianti, R. A., dkk. 2018. “Error analysis in solving mathematical communication problem of junior high school students”. International Conference on Mathematics and Science Education vol.3.
