Upaya Penanaman Nilai-Nilai Budaya Religius Dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Jati Agung Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.56335/jppn.v7i1.234Schlagworte:
Budaya Religius, Karekter, SiswaAbstract
Upaya penanaman nilai-nilai budaya religius dalam membentuk karakter siswa di SMA Jati Agung Sidoarjo sangat penting untuk menciptakan generasi yang berkarakter kuat dan berintegritas tinggi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan karakter pada zaman sekarang yang krisis moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai upaya penanaman nilai-nilai budaya religius dalam membentuk karakter siswa di SMA Jati Agung Sidoarjo dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat nilai-nilai budaya religius dalam membentuk karakter siswa di SMA Jati Agung Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bertempatkan di SMA Jati Agung Sidoarjo. Teknik dan metode pengumpulan data menggunakan observasi yang dikumpulkan oleh peneliti adalah kegiatan siswa di dalam masjid, sikap siswa terhadap warga sekolah sikap siswa di dalam kelas yang berkaitan dengan penelitian, Dalam penelitian ini wawancara peneliti mewawancara kepala sekolah, wakil kepala kesiswaan, guru PAI dan murid SMA Jati Agung Sidoarjo dan dokumentasi yang akan dikumpulkan oleh peneliti adalah profil sekolah, visi dan misi, gambar kegiatan keagamaan serta data-data lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat menjadi sebuah temuan sekolah dalam mengembangkan dan memajukan SMA Jati Agung Sidoarjo ini menjadi lebih maju.
Literaturhinweise
Afandi, A. Y., Al Ghazal, S., & Sobarna, A. (2022). Implikasi Pendidikan QS. Ali Imron Ayat 104 tentang Amar Ma’ruf Nahi Munkar terhadap Akhlak. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 831–838.
Agus, S. (2020). Habituasi Karakter Religius dan Mandiri di Panti Asuhan Baabus Salaam Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.
Atiatul’Ilma, N., Hamzah, M., & Hidayat, M. S. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Persaudaraan Menurut Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 10. SPESIFIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 12–20.
Erlanda, M., Sulistyarini, S., & Syamsuri, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMA Mujahidin Pontianak. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 310–318. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5920
Hanafi, H., Syarifudin, S., Nurfaizal, D., & Nurjanah, S. (2020). Kajian Ontologis studi agama-agama. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hastuti, A. O., & Fatimah, N. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Comal).
Imam Al-Mahalli, I. A.-S. (2017). Tafsir Jalalain (A. Mahmudi (ed.)). Ummul Qura.
Itsna, H. (2021). Implementasi Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Hiperaktif di TK Diponegoro 73 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.
Kusumaningrum, R. A. (2020). Pentingnya Mempertahankan Nilai Budaya 5s (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 20–28.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2022). Qur’an Kemenag. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal Jalan Raya Taman Mini Indonesia Indah Pintu I Jakarta Timur 13560. https://quran.kemenag.go.id/
Megawati, M., Sulistyarini, S., & Ulfah, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Oleh Guru Dalam Pembelajaran Sosiologi Di SMA YPK Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3).
Melati, K. (2019). Analisis Psikologi Dakwah dalam Tradisi Istigosah di Kuburan pada Komunitas Islam Kejawen. IAIN Metro.
Mu’min, M. D. N. A., Hasob, H. A. A., Abubakar, A., Basri, H., & Rif’ah, M. A. F. (2024). Telaah Modal Sosial Dalam Al-Quran: Studi Tafsir QS. Al-Hujarat Ayat 10. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE), 1(2), 338–350.
Putra, A. J. K., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619.
Setiyanawati, T. (2023). Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Atas di Lingkungan Sekolah. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(5), 1135–1148.
Shafratunnisa, F. (2015). Penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan kepada stakeholders di SD Islam Binakheir.
Siti, A. (2024). Nilai Kearifan Lokal Pada Masjid Jami’al-Ishlah Kedamaian Kota Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Sujarwo, S., Akip, M., Hamidi, A., & Mukhlas, M. (2023). Internalisasi Budaya Religius Dalam Kegiatan Keagamaan Di MI Nur Riska Kota Lubuklinggau. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 5(2), 199–210.
Suranto, D. I., Annur, S., & Alfiyanto, A. (2022). Pentingnya manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59–66.
Widodo, H. (2021). Pendidikan holistik berbasis budaya sekolah. Uad Press.
Zendrato, T. L. N., & Lase, B. P. (2022). Peran guru PPKn dalam menumbuhkan kesadaran diri siswa terhadap tata tertib sekolah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 124–138.
