PEMANFAATAN VLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.56335/jppn.v3i1.65Nøgleord:
Speaking, video blogResumé
Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran merupakan salah satu elemen yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Di masa pandemi ini, tentu saja pengajar harus dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran daring sehingga tidak menimbulkan kejenuhan dalam prose belajar mengajar. Salah meda yang dapat digunakan adalah pengunaan video blog dalam pengajaran speaking. Pemanfaatan teknologi dapat menumbuhkan motivasi karena media ini cukup terkenal baik itu dikalangan pelajar atau mahaiswa. Media ini dapat digunakan untuk mengajarkan kemampuan speaking di berbagi tingakatan pendidikan.
Referencer
Ananda, R & Mardiah. (2020). Pemanfaatan Video Blog (Vlog) Sebagai Media Pembelajaran Speaking Pada Siswa Sma Kelas Xi Di Yayasan Pendidikan Nur Hasanah Medan. Jurnal Visipena, 11(2)
Astriani, A., Asrun, L., & Aris B. (2017). Integrating Video Blog in EFL Class For Teaching Speaking at SMAN 4 Kendari. Journal of Language Education and Educational Technology. 2 (2)
Aqil, M.R. & Fahri. (2018). Vlogging as a Medium for Eighth Graders of SMP Negeri 1 Gresik in Speaking Recount Text. RETAIN. 6(2).
Azqiyah, D. (2019). Pengertian tentang blog. https://www.leskompi.com/apa-itu-vlog/
Chaney, A.L., & T.L. Burk. (1998). Teaching oral communication in grades K-8. Boston: Allyn & Bacon.
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Pearson Education Limited.
Watkins ,J., & Wilkins, M.(2011). Using YouTube in the EFL Classroom. Language Education in Asia. 2(1)
Nunan, D. 1999.Second Language Teaching & Learning.Boston: Heinle & Heinle Publisher.
Priana ,R.Y. Septa. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017
Rakhmanina, L .& Dian, K. (2017). The Effectiveness Of Video Blogging In Teaching Speaking Viewed From Students’ Learning Motivation. Proceedings of the Fifth International Seminar on English Language and Teaching (ISELT-5)
Rosyid.,& Alfa Abdulah. (2018). Vlog Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Peserta Didik. Prosiding di Jurnal Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 5. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9930?show=full
Torres, D, F,E. (2018). Vlogging Through Digital Lessons: Enhancing Speaking in an EFL Blended Learning Environment. Unpublished thesis. Universidad Externado de Colombia
