NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT JAMBU MBAK KULAK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Forfattere

  • Basuki Sarwo Edi STKIPM Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v3i1.64

Nøgleord:

nilai pendidikan karakter, cerita rakyat, jambu mbak kulak

Resumé

Tanah Besemah kaya akan cerita rakyat. Salah satu cerita rakyat tersebut adalah Jambu Mbak Kulak. Jambu Mbak Kulak begitu dikenal luas oleh masyarakat Besemah bahkan Sumatera Selatan. Nama Besemah adalah istilah yang digunakan sebagian orang untuk menyebut wilayah kabupaten Lahat dan Pagaralam di Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter cerita rakyat Jambu Mbak Kulak. Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik. Objek penelitian ini adalah Cerita Rakyat Jambu Mak Kulak yang berkembang di Pagaralam. Penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik rekam, catat, dan simak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita rakyat Jambu Mbak Kulak memiliki nilai pendidikan karakter  yang masih relevan sebagai bahan bacaan Gerakan Literasi  Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0.  Nilai pendidikan karakter tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter memberi dampak bagi kehidupan peserta didik di era revolusi industri 4.0.

Referencer

Aliana, Zainul Arifin. 2000. Ekspresi Semiotik Tokoh Mitos dan Legendaris dalam Tutur Sastra Nusantara di Sumatra Selatan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Danandjaya, James. 2002. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, dan Dongeng. Jakarta: Grafitiperss

Duijah, I Nengah. 2007. Sastra lisan, Naskah, dan Sejarah: Sebuah Catatan Politik Kebudayaan. Surabaya: Citra Wavana.

Piliang, Yasraf Amir. 2005. Menciptakan Keunggulan Lokal untuk Merebut Peluang Global: Sebuah Pendekatan Kultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rafiek, M. 2010. Teori Sastra: Kajian Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama

Rahmana, Siti. 2003. Sastra lisan: Aktualisasi, Eksistensi, dan Transformasi Hasil Budaya Masa Lampau. Solo: Universitas Sebelas Maret Press.

(https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_karakter)/diunduh 3 Februari 2020

(https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pendidikan-karakter.html)/diunduh 3 Februari 2020

(https://rumahinspirasi.com/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa/)/diunduh 3 Februari 2020

(http://pmbs.ac.id/news/Metode_Pembelajaran_Pendidikan_Dalam_Menghadapi_Revolusi_Industri_4.0)/diunduh 3 Februari 2020

(https://www.zenius.net/blog/21104/revolusi-industri-4-0)/diunduh 3 Februari 2020

-

Publiceret

2020-04-28

Citation/Eksport

Sarwo Edi, B. (2020). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT JAMBU MBAK KULAK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 3(1), 26-36. https://doi.org/10.56335/jppn.v3i1.64