IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 5 PAGARALAM
DOI:
https://doi.org/10.56335/jppn.v6i1.192Nøgleord:
Implementasi, kurikulum merdeka, sekolah dasarResumé
Kurikulum pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dan selalu mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Pada tahun 2022 mulai diterapkannya kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan perubahan dari kurikulum 2013, tentunya perubahan kurikulum ini membutuhkan proses dan waktu yang tidak singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perubahan proses pembelajaran pada kurikulum merdeka di SD Negeri 5 Pagaralam. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa-siswi kelas1 SD Negeri 5 Pagaralam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif (campuran). Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara kepada guru kelas serta mengamati langsung ke dalam kelas dan menelaah referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka yang ada di SD Negeri 5 Pagaralam dilaksanakan pada tingkat/ kelas 1 dan 4 saja, kedepannya diharapkan agar semua kelas dapat menerapkan kurikulum merdeka dalam proses pembelajarannya. Penerapan kurikulum merdeka membutuhkan kesiapan baik dari kepala sekolah, guru kelas, siswa, dan orang sekitar yang terlibat dalam pembelajaran untuk dapat adaptasi dengan kurikulum yang baru ini yaitu kurikulum merdeka serta mampu menghadapi kesulitan dalam menerapkannya. Implementasi kurikulum merdeka yang dilakukan oleh peneliti pada kelas 1 dengan menggunakan pendekatan kemampuan masing- masing peserta didik yaitu melalui rubrik, sehingga peserta didik dapat melatih atau mengasah minat dan bakat yang dimilikinya.
Referencer
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889.
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3).
Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam, 8(1), 43–64
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad- 21 di SD/MI. ICIE: Internasional Conference on Islamic Education, 2.
Jannah, F., Irtifa, T., & Fatimattus Az Zahra, P. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Jurnal Al-Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65
Maladerita. (2021). Peran Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4771-4776.
Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69-82.
Miftakhuddin: Kamil, N. H. H. (2022). Implikasi empat modalitas belajar Fleming terhadap penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. The Elementary School Teacher Education Journal, 1, 38–49
Mohammad Syarif Sumantri, Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2022.
Rouf. (2015). Peranan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Sumbula, 3(1), 103-111.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77-92.
