PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA DI ERA PANDEMI MENGGUNAKAN KONTEKS COVID-19

المؤلفون

  • Bambang Riyanto STKIPM Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v2i2.69

الكلمات المفتاحية:

Pembelajaran Pemodelan، Pandemi، Covid-19

الملخص

Salah satu metode matematika yang digunakan dalam menangani masalah non-matematika adalah pemodelan matematika. Ini menunjukkan bahwa mempromosikan kompetensi modeling siswa sangat penting dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pertama, bagaimana Soal Pemodelan Matematika Menggunakan Konteks Covid-19 yang Valid?, Kedua, Bagaimana cara mendesain soal pemodelan matematika menggunakan konteks Covid-19 yang praktis? Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Akker, Gravemeijer, McKenney dan Nieveen. Penelitian pengembangan ini terdiri dari 3 tahapan yaitu analisis, perancangan dan evaluasi. Pada tahap analisis dilakukan analisis siswa, kurikulum dan pemodelan matematika. Langkah kedua, desain dan produk. Langkah terakhir, peneliti menggunakan desain evaluasi formatif yang terdiri dari evaluasi diri, one-to-one, review ahli, kelompok kecil, dan uji lapangan. Setelah terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif: (1) walk through, analisis berdasarkan komentar ahli dalam tinjauan ahli untuk mendapatkan soal pemodelan matematika untuk pembelajaran pemodelan matematika yang valid; (2) Menganalisis hasil dalam one-to-one, small group untuk mendapatkan kepraktisan. Berdasarkan validasi ahli, jawaban siswa, dan komentar siswa diperoleh soal pemodelan menggunakan konteks Covid-19 yang valid dan praktis. Berdasarkan penelitian ini direkomendasikan untuk menggunakan soal pemodelan dengan menggunakan konteks tersebut dalam pembelajaran matematika.

المراجع

Akker, J, Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2006). Educational Design Research. Enschede: SLO.

Blum, W. (2013). Mathematical Modeling: How Can Students Learn to Model?. Journal of Mathematics Education at Teachers College. 1(1), 1 - 10.

Cai, J., Cirillo, M., Pelesko, J. A., Ferri, R. B., Borba, M., Geiger, V., Stillman, G., English, L. D., Wake, G., Kaiser, G., & Kwon, O. N. (2014) Mathematical modeling in school education : mathematical, cognitive, curricular, instructional and teacher education perspectives. In Liljedahl, Peter, Nicol, Cynthia, Oesterle, Susan, & Allan, Darien (Eds.) Proceedings of the Joint Meeting of PME 38 and PME-NA 36, PME-NA, Vancouver, Canada. 145-172.

Cheng, A. K. (2009). Mathematical Modelling in the Secondary and Junior College Classroom, Singapore: Prentice Hall.

Ferri, R. B. (2013). Mathematical Modeling—The Teacher’s Responsibility. Journal of Mathematics Education at Teachers College. 1(1), 28 -40.

Khemsuk, C. & Seebut, S. (2017). Using hands-on activity approach to design mathematical modeling-based learning for promoting grade 9 students’ mathematical modeling competency. The 22nd Annual Meeting in Mathematics (AMM 2017) Department of Mathematics, Faculty of Science Chiang Mai University, Chiang Mai, Thailand.

Klymchuk, S.; Zverkova, T.; & Gruenwald, N. (2008). Increasing engineering students’ awareness to environment through innovative teaching of mathematical modelling. Teaching Mathematics and Its Applications, 27(3), 68 - 81.

Riyanto, B., Zulkardi, Putri, R.I.I., dan Darmawijoyo. (2019). Pendesainan Pembelajaran Pemodelan Matematika Sekolah Menengah Atas. Palembang: Disertasi FKIP Unsri.

Schoenfeld, A. H. (2013). What Counts in Mathematics (and Other) Classrooms? A Framework for Looking at What Matters, and Thoughts About How One Might Use These Ideas for Professional Development. Journal of Mathematics Education at Teachers College. 1(10), 23-32.

Stillman, G. A.; Kaiser, G.; Blum, W., & Brown, J. P. (2013). Mathematical Modelling: Connecting to Teaching and Research Practices – The Impact of Globalisation. In Stillman, Gloria Ann; Kaiser, Gabriele; Blum, Werner, Brown, Jill P. Teaching Mathematical Modelling: Connecting to Research and Practice. London: Springer.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation. Philadelphia: Kogan Page

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, and How. Retrieved Nopember 2016, from http://reocities.com/zulkardi/books.html

التنزيلات

منشور

2021-05-24 — تم تحديثه في 2021-12-28

النسخ

كيفية الاقتباس

Riyanto, B. (2021). PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA DI ERA PANDEMI MENGGUNAKAN KONTEKS COVID-19. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 2(2), 23-28. https://doi.org/10.56335/jppn.v2i2.69 (Original work published 24 مايو، 2021)