IDENTIFIKASI KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM INSTITUT DAARUL QUR’AN JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56335/jppn.v7i1.235Kata Kunci:
Kemandirian Belajar, Mahasiswa, Prodi BKPI.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Institut Daarul Quran Jakarta. Populasi penelitian berjumlah 102 dari jumlah seluruh angkatan program studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, sample penelitian ini diambil mengunakan rumus Slovin dengan tingkat margin of eror sebesar 0,010 dengan menggunakan Simple Random Sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 51 Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Institut Daarul Quran Jakarta. Pengumpulan data menggunakan instrumen kemandirian belajar yang diuji validitas butir instrumen menggunakan product moment dengan kriteria r-tabel yang digunakan sebesar 0,312 menghasilkan 33 butir pernyataan yang valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan didapatkan hasil 0,940 yang berarti bahwa instrumen memiliki reliabilitas tinggi. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif survei dengan menggunakan alat analilsis mean dan standar deviasi untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Institut Daarul Quran Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kemandirian belajar mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam berada pada kategori sedang. Berdasarkan data diketahui bahwa sebanyak 9 mahasiswa (17,5%) berada pada kategori tinggi, 33 mahasiswa (65,0%) berada pada kategori sedang dan 9 mahasiswa (17,5%) berada pada kategori rendah. Sebagian besar mahasiswa memiliki kemandirian belajar yang tinggi akan tetapi belum menunjukkan konsistensi perilaku dalam memenuhi seluruh indikator-indikator kemandirian belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami tingkat kemandirian belajar yang dimiliki oleh mahasiswa sehingga dapat diberikan rekomendasi penelitian lebih lanjut dalam memberikan pengembangkan metode pengajaran ataupun kegiatan penunjang yang dapat meningkatkan kemandirian belajar serta implikasinya terhadap proses pembelajaran mahasiswa.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT
RINEKA CIPTA.
Astuti, Budi. 2019. “Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.”
:63–74Asrori,
Dahlia,Febri., Badrujaman, A., Karlina H. 2019. “Layanan bimbingan kelompok dengan
pendekatan positive behavior support dalam meningkatkan kedisiplinan siswa” Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 194–208.
Djamaluddin dan Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan
Kompetensi Pedagogis. Vol. 162.
Fikriyah, A. A., & Saripah, I. (2023). Profil kemandirian belajar remaja dan implikasinya
bagi layanan bimbingan konseling. Guidena: Jurnal Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(1), 225–235.
Fitriani, Anisa, dan Fadhilla Yusri. 2022. “Tingkat Kemandirian Belajar Pada Remaja.”
Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan 9(1):9. doi: 10.37064/consilium.v9i1.11332.
Gusnita, Melisa, Hafizah Delyana. 2021. “Kemandirian Belajar Siswa Melalui
Pembelajaran Kooperatif TPSq.” Jurnal Absis
Herlina, Erisna, Happy Fitria. 2019. “Pembelajaran Kreatif: Identifikasi Perilaku Dan
Karakteristik Peserta Didik Wujud Tanggungjawab Tunjangan Sertifikasi Guru.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2:999–1015
Harding, S.M. (2018). Self-regulated learning in the classroom. As part of the realising
the potential of Australia’s high capacity students linkage project. Melbourne Graduate School of Education. Assessment Research Centre. https://www.researchgate.net/publica tion/327051231
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. 2020. Kemandirian Belajar
Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.
Hidayati, Nurul. 2021. “Pemanfaatan Website Sekolah Sebagai Strategi Digital
Marketing Di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya.” Jurnal Kependidikan Islam 11(1):111–33. doi: 10.15642/jkpi.2021.11.1.111-133.
Indrianti, Muh Daud, and Novita Maulidya Djalal. 2022. “Hubungan Antara Efikasi Diri
Dengan Kemandirian Belajar Siswa Di SMKN 3 Pangkep.” PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora 2(1):154–66. doi: 10.56799/peshum.v2i1.1104.
Karmila, N., & Raudhoh, S. 2021. Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Kemandirian
Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 36-39.
Kusumowardani, Diyah, Arfilia Wijayanti, Muhammad Prayito. 2023. “MasliQ.”
Pendidikan Dan Sains 3(November 2023):1215–24.
Putra & Syelitiar. 2021. “Systematic Literatur Review: Kedisiplinan Belajar Siswa Pada
Pembelajaran Daring.” Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan) 02(1):10–20. doi: 10.52005/belaindika.v4i1.91.
Reski, Reny, Nahor Hutapea, and Sehatta Saragih. 2019. “Peranan Model Problem Based
Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa.” 2(1):49–57.
Satria, Ibrahim. 2021. “Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik
homeroom dalam meningkatkan kemandirian belajar di SMPN 12 Bandar Lampung”. UIN Raden Intan Lampung.3:103–11.
Saptono, Edy. 2019. VCT Untuk Kemandirian Belajar Siswa. Banyumas : CV Aan
Publishing.
Sugiyono. 2019. METODE PENELITIAN (Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung:
ALFABETA.
Setiawati, F. & Panduwinata, L. F. (2024). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap
Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 5 (2), 131-140.
Tresnaningsih, Fety, Dina Pratiwi Dwi Santi, and Etty Suminarsih. 2019. “Kemandirian
Belajar Siswa Kelas Iii Sdn Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 6(2):51–59. doi: 10.25134/pedagogi.v6i2.2407
Wahyuningsih, D. 2020. Panduan Untuk Konselor Teknik Self Management dalam
Bingkai Konseling Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa (Y. Abdulloh (ed.); pertama). CV. Sarnu Untung.
Widuroyekti, B. 2021. Pengembangan Konsep Diri Akademik & Kemandirian Belajar
(R. Gunadi (ed.); 1st ed.).Semarang: Deepublish
