KONTEKS TARI KEBAGH PAGAR ALAM DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Authors

  • echa alda STKIPM Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v5i2.313

Keywords:

Pemahaman Konsep, Deret Aritmatika, Tari Kebagh, PMRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pemahaman konsep siswa pada materi deret aritmatika dengan konteks tari kebagh menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan indikator pemahaman konsep siswa yang disesuaikan dengan konteks tari kebagh. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Pagar Alam, sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas X Farmasi yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian meliputi tes dan wawancara untuk mengukur dan menggali pemahaman konsep siswa. Data dianalisis melalui teknik analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mempelajari topik matematika, khususnya deret aritmatika, melalui pendekatan PMRI dengan konteks tari kebagh, menunjukkan pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Konteks budaya lokal seperti tari kebagh mampu membuat siswa lebih tertarik, memahami keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari, dan mampu mengaplikasikan konsep deret aritmatika dalam situasi nyata. Oleh karena itu, penggunaan pendekatan matematika realistik berbasis kearifan lokal direkomendasikan untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa dalam pembelajaran matematika.

References

Afrilianto, M. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Journal, 1(2), 192. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.19

Fauziah, A., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Somakim. (2020). Developing pmri learning environment through lesson study for pre-service primary school teacher. Journal on Mathematics Education, 11(2), 193–208. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10914.193-208

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Melinia, E. A., Indah Widyaningrum, Widiawati, & Rahayu, C. (2023). PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MATH LADDER TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 228–237.

Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60

Situmorang, F. G., & Zulkardi, Z. (2019). Kemampuan Generalisasi Pada Materi Persamaan Garis Lurus Dalam Pembelajaran Pmri Di Smp Negeri 45 Palembang. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 64–76. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9570

sudijono, A. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Jakarta.

Surgandini, A., Sampoerno, P. D., & Noornia, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran Dengan Pendekatan Pmri Berbantuan Geogebra Untuk Membangun Pemahaman Konsep Transformasi Geometri. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 85. https://doi.org/10.31000/prima.v3i2.932

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

alda, echa. (2023). KONTEKS TARI KEBAGH PAGAR ALAM DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 5(2), 27-38. https://doi.org/10.56335/jppn.v5i2.313